Tugas Mereview Paper

1.       SISTEM PELACAKAN DAN PENGAMANAN KENDARAAN BERBASIS GPS DENGAN MENGGUNAKAN KOMUNIKASI GPRS
PENULIS               : YOSEPHAT SURYO SUSILO, HARTONO PRANJOTO, ALBERT GUNADHI
TAHUN                 : 2014
A. Masalah Penelitian :
                Semakin meningkat kasus pencurian dan perampokan kendaraan baik motor maupun mobil khususnya bagi pengelola bidang usaha transportasi diantaranya usaha sewa(rental) mobil, travel, dan jasa ekspedisi. Maka dibutuhkan suatu sistem yang dapat memantau kendaraan tersebut. Saat ini pemantauan masih dilakukan dengan menelpon langsung atau via SMS, namun tidak efektif karena mengganggu konsentrasi pengendara. Kebenaran informasi yang diperoleh juga tidak dapat dipertanggung jawabkan.
Masalah yang muncul dalam pengerjaan alat adalah :
1.       Cara pengkodean dan standar protokol komunikasi SIM908 sehingga data GPS dan GPRS dapat diterima oleh mikrokontroler ATMega164-PA
2.       Metode pengolahan data GPS protokol NMEA-0183 sehingga dapat diperoleh data koordinat, kecepatan kendaraan dan jumlah satelit yang digunakan
3.       Prosedur penggunaan perintah AT+Command GPRS untuk terhubung dengan server
4.       Prosedur penyimpanan agar data yang dikirimkan oleh device dapat disimpan di dalam basis data
5.       Penampilan map serta marker yang menunjukan dimana alat tersebut berada
B. Metode yang diusulkan :
                Dalam pembuatan alat ini terdapat 2 bagian yang berhubungan yaitu perancangan pada sisi device dan sisi application server.
1.       Sisi device
Menggunakan modul GPS untuk menentukan lokasi koordinat dengan bantuan beberapa satelit. Data-data keluaran GPS yang berupa kalimat, dikirim kepada mikrokontroler sesuai dengan interface GPS device yang kemudian diproses untuk memperoleh koordinat geografi, waktu dan kecepatan. Data tersebut dikirimkan ke server melalui perangkat GPRS yang dilakukan oleh modul GSM degan menggunakan protokol HTTP. Modul GSM juga dapat menerima perintah dari server untuk menyalakan alarm kendaraan dimana jika ditekan lebih dari 2 kali dalam waktu 1 detik makan mikrokontroler akan memerintahkan perangkat GPRS agar mengirimkan pesan darurat ke server untuk memberitahu pemantau tentang keadaan darurat. Pada power management dirancang agar dapat berfungsi sebagai indikator terpasangnya accu dan dapat mengetahui kapasitas dari baterai internal yang berfungsi sebagai catu daya cadangan ketika catu daya utama (accu) dilepas.

2.       Perancangan Hardware minimum system ATMega164-PA
Menggunakan mikrokontroler ATMega164-PA sebagai pengontrol utama karena mempunyai fitur khusus UART 2  kanal sehubung dengan interface dengan modul SIM908. Selain itu memiliki fitur ADC internal yang nantinya dapat digunakan untuk mengukur tegangan baterai. Agar dapat bekerja maka diperlukan rangkaian pendukung diantarnya rangkaian reset dan rangkaian external crystal oscillator.

3.       Perancangan Software
Tugas utama mikrokontroler adalah mengambil data GPS dari modul SIM908 serta mengirimkan data GPS tersebut ke database menggunakan komunikasi GPRS secara berkala. Pengiriman data menuju database dilakukan secara berkala dengan satuan interval waktu menit. Miktrokontroler akan memerintahkan modul SIM908 agar terhubung dengan server melalui komunikasi GPRSL. Untuk memeriksa kebenaran data koordinat dapat diperiksa melalui jumlah satelit yang digunakan.

4.       Rancangan Halaman Web
Agar user dapat dengan mudah menentukan lokasi dari data koordinat yang telah dikirim oleh device maka perlu dibuat interface dalam bentuk apkikasi halaman berbasis WEB.
C. Hasil Penelitian
·         Mikrokontroler dapat mengambil data GPS pada modul SIM908 menggunakan komunikasi serial TTL 115200B/S 8N1
·         Mikrokontroler dapat terhubung dengan server menggunakan komunikasi GPRS melalui perantara modul GSM SIM908
·         Mikrokontroler dapat bertukar data dengan modul GSM SIM908 menggunakan komunikasi serial TTL 115200B/S 8N1
·         Lokasi koordinat dapat dilihat pada halaman web yang telah dibuat dalam bentuk peta dan marker

2.       SISTEM PELACAK KENDARAAN BERBASI OPENGTS
PENULIS               : RUSNANDAR, TEDY SETIADI, WAHYU PUJIYONO
TAHUN                 : 2013
SUMBER              : eprints.uad.ac.id (Sistem Pelacak Kendaraan Berbasis OPENGTS)
A. Masalah Penelitian :
                Banyak layanan berbayar sistem pelacak kendaraan yang ditawarkan pada penyedia jasa atau industri. Selain itu sistem diberikan kepada pembelian produk baru dari perangkat pelacak kendaraan sehingga akan terasa mahal dan susah dalam pengembangan sistem. Untuk mengatasi hal tersebut dapat dikembangkan sendiri sistem pelacak kendaraan yang berbasis Open Source. OpenGTS merupakan program Open Source sistem pelacak kendaraan.
B. Metode yang diusulkan
                Pada penelitian ini secara teknis menggunakan device GPS Portable GT60 sebagai perangkat pelacak GPS dan software OpenGTS menggunakan versi 2.3.9 yang berjalan di sistem operasi Linux. Google Map API V3 digunakan sebagai aplikasi interface yang dapat diakses lewat javascript agar Google Map dapat ditampilkan pada halaman web yang sedang dibuat dan aplikasi yang dapat dibangun meliputi aplikasi berbasis lokasi, aplikasi mobile pemetaan, menampilkan data geospartial data dan pembuatan kustom pemetaan online. Fungsi pada  Google Map API V3 yang akan diimplementasi adalah fungsi web service Direction Route dan Travel Mode. Kedua fungsi ini digunakan dalam penyajian rute kendaraan yang pada dua titik sesuai dengan kondisi rute jalan sebenarnya.
                Penelitian ini dilakukan dengan metode waterfall process model sebagai desain pengembangan sistem pelacak. Dimulai dari wawancara, studi kasus, dan observasi langsung. Kemudian perancangan sistem yang menyesuaikan data yang diperoleh dari analisis data meliputi daerah operasional kendaraan, interval waktu pengiriman ke server, pemilihan provider layanan seluler sebagai metode pengiriman data dan pemilihan spesifik server. Kemudian diimplementasi dengan diinstalasi pada sebuah VPS dengan sistem operasi Linux. Untuk menghubungkan perangkat pelacak GPS GT60 perlu dilakukan modifikasi modul pada Device Comunication Server pada sistem OpenGTS. Penyajian data lokasi berupa peta digital dengan informasi kendaraan pada setiap titik lokasi meliputi nomer lokasi, waktu, kecepatan. Fungsi Google Maps API V3 yaitu service Direction waypoint untuk menampilkan rute kendaraan dan ditambah penanda titik lokasi berdasarkan kecepatan kendaraan.
C. Hasil Penelitian
                Penelitian ini telah dapat menerapkan sistem pelacak kendaraan berbasis OpenGTS dengan perangkat pelacak GT60. Pemilihan provider penting agar sistem dapat diterapkan dengan baik pada daerah tertentu. Dan sistem dapat menampilkan kecepatan kendaraan, waktu dan urutan titik kendaraan.

3.       VEHICLE TRACKING SYSTEM USING GSM AND GPS TECHNOLOGIES
PENULIS               : Prof.(Dr.) Bharati Wukkadada, Allan Fernandes
TAHUN                 : 2017
SUMBER              : www.iosrjournals.org
A.Masalah Penelitian
                Selalu ada kebutuhan mendesak untuk mengatur langkah-langkah yang tepat untuk meningkatkan keselamatan, keamanan serta memantau kendaraan untuk menghindari kecelakaan. Ini akan membantu kami dalam situasi seperti:

· Lokasi kendaraan curian
· Mengizinkan agen untuk mendeteksi lokasi kendaraannya
· Berguna untuk menemukan jalur terpendek ke tujuan tertentu

Sistem pelacakan semacam itu mencakup perangkat mekanis yang dilengkapi dengan kendaraan. Perangkat elektronik yang ditempatkan pada kendaraan terdiri dari penerima GPS dan modem GSM. GSM yang dikembangkan oleh ETSI dengan tujuan untuk mendukung komunikasi seluler, kini telah menjadi standar yang diterima di seluruh dunia. Pengiriman dan pengumpulan data dalam modem yang didukung GSM disempurnakan menggunakan sinyal radio.

B. Metode yang diusulkan
      Makalah ini mengusulkan sistem penanaman yang membantu melacak dan menentukan posisi setiap mobil yang mengadopsi teknologi GPS serta teknologi GSM. Perpindahan dan tingkat kendaraan apa pun dapat dipantau menggunakan sistem enkapsulasi sesuai perintah. Interaksi antara modem GSM dan penerima GPS difasilitasi menggunakan mikrokontroler.

     Modem mengirim posisi Bujur dan Lintang dari vektor apa pun dari tempat yang tidak dikenal. Ketika pengguna menuntut atau meminta, sistem akan mengirimkan balasan ke perangkat yang menunjukkan lokasi kendaraan sehubungan dengan nilai lintang dan bujur. Memori internal mikrokontroler yaitu ROM (Read-Only Memory) terdiri dari kode. Pemrosesan instruksi dilakukan dengan menggunakan set instruksi dan bertindak sebagai sekutu antara GSM dan GPS. GPS hanya mentransmisikan data dimana GSM memberikan serta menerima data.

    Mikrokontroler terhubung ke pin GPS dan koneksi serial dibuat antara pin GSM dan mikrokontroler. Data diterima oleh penerima GPS dari berbagai satelit, yaitu pemrosesan data yang mengandung hasil GPS dari berbagai satelit dilakukan oleh mikrokontroler yang kemudian diakuisisi oleh modem GSM.

 Penerima mengirimkan data ke mikrokontroler yang kemudian diproses oleh mikrokontroler dan hanya menangkap nilai numerik garis lintang dan bujur yang memblokir informasi seperti interval, ketinggian, alias satelit, verifikasi dll. Di sisi pengguna, perangkat berkemampuan GSM bertindak seperti penerima SMS dan bertindak sebagai pengirim SMS adalah modem GSM yang terhubung secara serial ke mikrokontroler. Dalam hal daya, GSM menggunakan 12 volt sedangkan sirkuit mikrokontroler dan GPS menggunakan 5 volt yang disediakan oleh baterai 12 volt /3,2 Ampere.

C.Hasil Penelitian

Makalah ini menawarkan sistem anti-pencurian yang membuat kendaraan lebih kebal dengan bantuan GPS. Ini memungkinkan kendaraan dilacak menggunakan sistem yang diusulkan di dalamnya. Sistem ini juga dapat berfungsi untuk pelacakan binatang, pelacakan sumber daya serta mobil yang dirampok. Sistem ini biasanya digunakan oleh operator armada yang membantu mereka dalam simulasi, menentukan rute mereka dan juga pengiriman. Aplikasi lain dari sistem ini dapat memonitor perilaku mengemudi. Ini juga dapat bermanfaat dalam layanan pengiriman dan juga polisi dan pemadam kebakaran.



Comments