Distributed Processing


Pengertian Distributed Processing
Distributed data processing (DDP) system merupakan bentuk yang sering digunakan sekarang sebagai perkembangan dari time sharing system. Bila beberapa sistem komputer yang bebas tersebar yang masing-masing dapat memproses data sendiri dan dihubungkan dengan jaringan telekomunikasi, maka istilah time sharing sudah tidak tepat lagi. DDP system dapat didefinisikan sebagai suatu sistem komputer interaktif yang terpencar secara geografis dan dihubungkan dengan jalur telekomunikasi dan seitap komputer mampu memproses data secara mandiri dan mempunyai kemampuan berhubungan dengan komputer lain dalam suatu sistem.

Contoh Sistem Pengolahan Data terdistribusi
  1. Internet
·         Jaringan komputer dan aplikasi yang heterogen.
·         Mengimplementasikan protokol internet.
  1. Intranet
·         Jaringan yang teradminitrasi secara lokal.
·         Terhubung ke internet melalui firewall.
·         Menyediakan layanan internet dan eksternal.
  1. Mobile Computing ( Sistem Komunikasi telepon seluler)
·         Menggunakan frekuensi radio sebagai media transmisi
·         Perangkat dapat bergerak kemanapun asal masih terjangkau dengan frekuensinya
·         Dapat menghandle/dihububngkan dengan perangkat lain
  1. Sistem Telepon
·         ISDN atau yang biasa disebut jaringan telpon tetap (dengan kabel).
·         PSTN jaringan telepon/telekomunikasi yang semuanya digital.
  1. Network File System (NTFS)
·         WWW

Contoh Impementasi Distributed Data Processing System
Aplikasi facebook.Com yang biasa anda gunakan untuk bersosialisai dengan saudara, kawan dan orang di seluruh dunia melalui internet. Bila kita lihat aplikasi tersebut, database tidak didistribusikan, tetapi proses sistem dan penggunaan fungsi-fungsi atau feature pada sistem terpisah-pisah prosesnya tidak satu proses saja dalam satu waktu. Pada waktu tertentu ada orang yang sedang isi status, dan mungkin di waktu yang sama ada sedang mencari teman, ada yang mengupload foto dan sebagainya.  Tampak disini beberapa proses pada sistem terdistribusi pada setiap client yang berbeda.
Pada penggunaan aplikasi pembayaran / transaksi online pada suatu perusahaan, misalnya saja tiket pesawat terbang. Aplikasi tersebut juga contoh dari aplikasi pengolahan data terdistribusi, dimana data pembayaran ada tersimpan di database bank, sementara data tiketnya tersimpan di database server maskapai yang menyediakan aplikasi tiket online tersebut. Jadi dapat dikatakan bila aplikasi yang digunakan menggunakan database yang terpisah tidak satu database saja, maka dapat dikatakan itu adalah aplikasi pengolahan data terdistribusi atau dikenal juga dengan distributed  data processing system.

Sumber :
- https://rachmadpropaganda.wordpress.com/2011/04/01/online-communication/
- https://fskita.com/2018/07/13/distributed-data-processing-system-berserta-contoh-implementasi/

Comments