Batch System


Pengertian Batch System

      Batch System adalah suatu perintah yang mirip yang dikumpulkan dan dijalankan secara berkelompok kemudian setelah kelompok yang dijalankan tadi selesai maka secara otomatis kelompok lain dijalankan secara berurutan.

Bentuk Batch System ada 2 :
      1. Multi-Programming
Yaitu salah satu teknik penjadwalan dimana task yang sedang berjalan tetap berjalan sampai selesai melakukan operasi yang membutuhkan waktu untuk menunggu respon dari luar (eksternal event), misalnya membaca data dari disket/CD/dsb. Sistem operasi yang menggunakan multi-program sebagai jadwal yang bertujuan untuk memaksimalkan penggunaan CPU.

      2. Multi-Processing
Yaitu istilah teknologi informasi dalam bahasa inggris yang merujuk kepada kemampuan pemrosesan komputer yang dilakukan secara bersama-sama. Hal ini dimungkinkan dengan menggunakan 2 CPU/lebih dalam sebuah sistem komputer. Istilah ini juga dapat merujuk kepada dukungan sebuah sistem untuk mendukung lebih dari 1 processor dan mengalokasikan tugas kepada processor lainnya.


Contoh dari Batch Processing : E-mail dan transaksi batch processing. Dalam suatu sistem batch processing, transaksi secara individual dientri melalui peralatan terminal, dilakukan validasi tertentu, dan ditambahkan ke transaction file yang berisi transaksi lain, dan kemudian dientri ke dalam sistem secara periodik. Di waktu kemudian, selama siklus pengolahan berikutnya, transaction file dapat divalidasi lebih lanjut dan kemudian digunakan untuk meng-up date master file yang berkaitan.

Sumber
https://www.academia.edu/32390341/Batch_system_multi_programming_system_time_sharing_system
- https://rachmadpropaganda.wordpress.com/2011/04/01/online-communication/

Comments