Penelitian

ANALISIS PERANCANGAN SISTEM PELACAK KENDARAAN PENGIRIMAN BARANG MENGGUNAKAN GLOBAL POSITIONING SYSTEM (GPS) PADA EKSPEDISI CV. CAHAYA RICKY

BAB I
PENDAHULUAN

1.1 LATAR BELAKANG
      Jasa pengiriman barang merupakan suatu bentuk pelayanan public yang menawarkan kemudahan dalam proses pengiriman barang dari satu kota ke kota lainnya dengan aman dan dapat dipertanggung jawabkan oleh pihak jasa tersebut. Barang yang dikirim dapat berupa dokumen, produk elektronik, logistic dan lain-lain. Alat transportasi yang digunakan dalam pengiriman barang dapat melalui jalur darat, laut maupun udara. Jarak menjadi bagian penting untuk menentukan alat transportasi apa yang akan digunakan untuk mengangkut barang-barang kiriman tersebut.

      Cahaya Ricky merupakan salah satu CV yang bergerak dalam bidang jasa pengiriman barang yang melayani pengiriman ke daerah Tungkal dan sekitarnya. Saat ini Cahaya Ricky terus berkembang hingga memiliki 5 unit truk yang digunakan untuk pengiriman setiap harinya.

       Akan tetapi tidak bisa kita pungkiri dalam usaha pengiriman barang ada masalah tersendiri. Yaitu pengiriman barang tidak sesuai dengan estimasi waktu yang diperkirakan atau mengalami keterlambatan pengiriman, kecelakaan, bahkan dibawa kabur oleh kurir sendiri.

      Kemajuan teknologi telah mempengaruhi banyak hal dalam kehidupan masyarakat modern saat ini, dengan perkembangan teknologi informasi masyarakat dengan mudah mendapat akses informasi mengenai hal-hal spesifik dalam kehidupan keseharian mereka. Termasuk dalam hal ini melacak progress status pengiriman barang melalui jasa pengiriman barang yang ada saat ini. Dengan menggunakan teknologi internet dan akses internet dengan browser menggunakan koneksi data yang terhubung secara global mendukung masyarakat untuk mengakses informasi yang cepat dan mudah menggunakan perangkat computer seperti laptop, tablet maupun smartphone, sehingga lewat teknologi aplikasi ini memudahkan pelanggan dalam mengetahui keberadaan, status, kemajuan dari barang yang dikirim tersebut.

     Dengan adanya system pelacakan ini diharapkan pelanggan tidak perlu takut dan khawatir mengenai barang yang dikirim melalui jasa pengiriman barang Cahaya Ricky karena akan tersedia fasilitas dimana pelanggan dapat melakukan monitoring perkembangan dari barang yang dikirim terhitung sejak barang masuk sampai ke tempat tujuan.

1.2 Rumusan Masalah
    Permasalahan dalam pengajuan penelitian ini adalah “bagaimana membuat sistem pemantauan kendaran pengiriman barang menggunakan GPS?”

1.3 Batasan Masalah
     Berdasarkan rumusan masalah yang telah disebutkan, maka batasan dalam penelitian ini sebagai berikut:
1. Aplikasi ini akan berjalan pada perangkat computer seperti laptop, tablet maupun smartphone yang terkoneksi jaringan internet.
2.  Aplikasi ini berbasis Responsive Design sehingga akan menyesuaikan dengan ukuran layar dari perangkat komputer yang digunakan.
3. Aplikasi ini akan memberikan informasi perkembangan status pengiriman kepada pelanggan secara real time.
4. Sistem pemantauan kendaraan ini menampilkan posisi dan status kendaraan.

1.4 Tujuan Penelitian
     Tujuan dari penelitian ini adalah untuk merancang dan membangun aplikasi yang dapat melakukan pelacakan menggunakan GPS terhadap perkembangan dan status kendaraan pada jasa pengiriman barang Cahaya Ricky dengan menggunakan aplikasi yang didesain untuk memberikan tampilan yang dinamis menyesuaikan kebutuhan ukuran layar pengguna yang mengakses aplikasi tersebut.

1.5 Manfaat Penelitian
      Manfaat dari penelitian ini adalah pihak konsumen dan pengirim barang dapat memantau secara langsung posisi barang secara real time dan interaktif menggunakan teknologi Responsive Design sehingga akan semakin optimal penggunaannya dalam berbagai perangkat komputer

Comments